Sunday, February 8, 2009

Gara-gara Baju, Michelle Obama Diprotes

Baru saja resmi dilantik sebagai first lady Amerika Serikat (AS), Michelle Obama sudah menuai protes. Gara-gara busananya, ia diprotes asosiasi selebriti kulit hitam.
Saat pelantikan suaminya Barrack Obama, Michelle membuat semua tamu yang melihatnya kagum dan terkesima. Busana-busana pilihannya memang luar biasa dan sangat berkelas. Pada malam pelantikan, Michelle mengenakan gaun one shoulder hasil rancangan Jason Wu. Sedang saat inagurasi, ia memilih gaun bernuasa emas karya Isabel Toledo.
Namun tak semua pihak senang dengan penampilan Michelle malam itu. Ia justru mendapat kritikan cukup pedas dari Black Artist Asociation (BAA) karena tidak mengenakan rancangan dari perancang Afrika-Amerika alias kulit hitam.
Ketua BAA sekaligus mantan model rumah mode YSL, Amnau Eele yang mengungkapkan protes tersebut.
"Tak apa jika kau bernyanyi 'Kumbaya' atau 'We Are The World' dengan mewakili negara lain. Tapi jika kau memakai rancangan Isabel Toledo atau Jason Wu untuk gaun malam, kenapa tak coba rancangan dari Kevan Hall, B. Michael, Stephen Burrows atau desainer kulit hitam yang lain," ujarnya seperti detikhot kutip dari Female First, Jumat (23/1/2009).
Eele menolak jika protesnya itu dianggap suatu bentuk pemikiran yang rasis. Ia hanya menganggap bahwa mungkin itu adalah satu kesempatan besar bagi para desainer kulit hitam untuk tampil.
"Ini bukan masalah warna kulit. Namun ketika kau punya kesempatan untuk memilih, mengapa dia (Michelle) tak memilih desainer kulit hitam. Padahal itu adalah kesempatan kita (kulit hitam) untuk unjuk gigi," ujarnya lagi.

No comments:

Post a Comment