Friday, February 6, 2009

Wow, Robot Tiru Evolusi Makhluk Hidup

"It is the youth who must inherit the tribulation, the sorrow... that are the
aftermath of war."
Herbert Hoover



London, Teori evolusi yang dicetuskan Darwin barangkali bakal berlaku untuk robot. Sebab, sebuah robot yang diklaim bisa belajar berjalan sendiri dan mampu meniru pola evolusi binatang tengah dikembangkan oleh para ilmuwan Inggris.
Seperti diketahui, makhluk hidup menurut ilmu pengetahuan mampu berevolusi dengan otak yang terus berkembang. Robot pun diklaim bakal melakukan hal serupa. Software robot akan bertambah kompleks seiring perkembangan kemampuan dan penambahan piranti di bodinya.
"Jika kita benar-benar ingin membuat robot humanoid yang kompleks, penting bagi robot tersebut untuk dapat tumbuh setiap waktu seperti yang dilakukan makhluk biologis," kata Dr Christopher MacLeod dari Robert Gordon University.
Tim yang dipimpin Dr MacLeod telah membuat robot seukuran buku dengan kaki yang bisa diputar 180 derajat. Robot tersebut kemudian diperintah untuk berjalan sejauh mungkin dalam waktu 1000 detik.
Software robot lalu akan 'berpikir' secara mandiri tentang bagaimana cara memenuhi tugas tersebut seefisien mungkin.Software yang ditautkan mirip dengan sistem otak manusia yang bisa mengembangkan kemampuan belajar.Pada awalnya robot tersebut sulit berjalan cepat dan sering jatuh. Namun lama kelamaan, si robot bisa belajar berjalan dengan baik untuk menuntaskan tugasnya.

No comments:

Post a Comment