Friday, February 6, 2009

Operator Dilarang Memberikan Tarif SMS Gratis

JAKARTA
Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) menyatakan telah mengirimkan surat kepada para operator telekomunikasi agar menghentikan tarif promosi SMS gratis antaroperator.
"BRTI sudah mengirimkan surat kepada para operator terkait kompetisi tarif SMS. Agar mulai 31 Desember 2008 menghentikan SMS tarif nol," kata Dirjen Pos dan Telekomunikasi Departemen Komunikasi dan Informatika, Basuki Yusuf Iskandar, disela jumpa pers dan refleksi akhir tahun di Kantor Depkominfo, Jakarta, kemarin.
Basuki yang juga Ketua BRTI tersebut mengatakan, tarif promosi SMS gratis ke semua operator bisa menyebabkan gangguan jaringan telekomunikasi operator lain. "Kemungkinan dengan tarif gratis ini akan menimbulkan spam dan mengganggu jaringan operator lain. Tidak etis berpesta di halaman orang lain," tandasnya.
Tak Terganggu
Basuki melihat operator telekomunikasi yang menggelar program SMS gratis ini adalah operator kelas menengah yang berusaha menarik pelanggan lebih banyak. Beberapa operator telekomunikasi membuat program SMS gratis ke semua operator. Ada juga yang mensyaratkan SMS gratis berlaku setelah mengirimkan beberapa SMS.
Ketua BRTI berharap agar industri telekomunikasi dan masyarakat melihat bahwa kebijakan pemerintah ini bertujuan agar jaringan telekomunikasi tidak terganggu.
Dalam kesempatan tersebut, Basuki mengatakan, pihaknya memikirkan untuk membatasi blok nomor telepon seluler yang akan diberikan kepada para operator karena nomor tersebut makin terbatas. "Operator agar melakukan efisiensi dengan rasionalisasi penggunaan nomor seluler," katanya.
Basuki menambahkan, pihaknya sedang mempertimbangkan untuk memberikan rasio 1:3, yaitu satu nomor seluler yang dibutuhkan operator dengan tiga nomor seluler yang diberikan oleh pemerintah. "Rasionya 1:5, kita pikirkan yang efisien berapa. Kemungkinan dari 1:5menjadi 1:3," terang Basuki.
Cara yang lain, lanjutnya, adalah dengan penambahan digit pada nomor seluler yang diberikan dengan batasan sesuai ITU (International Telecomunication Union) adalah 15 digit.

1 comment:

  1. Wah. . wah . .kasian yg hobi ngebom. . .hehehe. . .untuk yang 15 digit itw kayaknya ngak cocok ma gwe yg pelupa. . .hehehe:D

    ReplyDelete